webmaster.ocarm@gmail.com | sekprov.oki@gmail.com

RIP: Mgr. F.X. S. Hadisumarta, O. Carm.

Berita duka datang di tengah Kapitel Provinsi Ordo Karmel Indonesia yang sedang berlangsung, tepatnya pada hari terakhir kapitel, yaitu pada tanggal 12 Februari 2022. Pada Sabtu dini hari, 12 Februari 2022 tersebut, Mgr. FX. Sudartanta Hadisumarta, O. Carm. berpulang ke pangkuan Bapa dalam usia 90 tahun, di Rumah Sakit Carolus, Jakarta, setelah beberapa hari beliau dirawat di sana.

Mulai siang hari, 12 Februari 2022, jenazah almarhum disemayamkan di Aula Gereja Maria Bunda Karmel, Paroki Tomang, Jakarta. Sempat hadir melayat almarhum, Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr. Piero Pioppo, dan Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo.

Upacara penutupan peti dilaksanakan dalam misa arwah yang dipimpin oleh Prior Provinsial Ordo Karmel Indonesia, Rm. FX. Hariawan Adji, O. Carm, di Aula Gereja Maria Bunda Karmel, Jakarta, pada hari Minggu, 13 Februari 2022. Sedangkan Misa Requiem diadakan pada hari Senin, 14 Februari 2022, di Gereja Maria Bunda Karmel Jakarta. Misa Requiem ini dipimpin langsung oleh Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo, didampingi oleh Uskup Bandung, Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC, dan Uskup Padang, Mgr. Vitus Rubianto Solichin, SX., serta Prior Provinsial Ordo Karmel Indonesia, Romo FX. Hariawan Adji, O. Carm dan beberapa romo lain. Setelah Misa Requiem tersebut, jenazah diberangkatkan ke Malang.

Jenazah tiba di Malang pada hari Selasa pagi, 15 Februari 2022, dan diterima langsung oleh Uskup Malang, Mgr. Henricus Pidyarto Gunawan, O. Carm. Jenazah disemayamkan di Gereja Katedral St. Maria dari Gunung Karmel, Malang, hingga diberangkatkan ke pemakaman pada Kamis, 17 Februari 2022. Sebelum diberangkatkan ke peristirahatan terakhir, diadakan Misa Requiem yang dipimpin langsung oleh Uskup Malang dan didampingi beberapa romo. Almarhum dimakamkan di kompleks pemakaman imam-biarawan-biarawati di Sukun, Malang. Upacara pemakaman dipimpin oleh Wakil Prior Provinsial Ordo Karmel Indonesia, Rm. Barnabas Krispinus Ginting, O. Carm.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *