webmaster.ocarm@gmail.com | sekprov.oki@gmail.com

RIP: Rm. Angelus Soepratignjo, O. Carm.

Telah berpulang kembali ke rumah Bapa di surga, Rm. Simeon Bernardus Soepratignjo, (Angelus) O. Carm., di Rumah Sakit St. Elisabeth, Medan, pada hari Minggu, 24 Januari 2021.

Romo Pratig, demikian beliau biasa dipanggil, masuk Novisiat Karmel di Batu pada tahun 1965 dan mengikrarkan kaul pertama pada tahun 1966. Kaul kekal diucapkannya pada tahun 1971 dan tahbisan imamat diterimanya pada tahun 1974.

Selama menjalani imamatnya, Romo Pratig pernah melayani umat sebagai pastor paroki maupun pastor rekan di beberapa paroki di Keuskupan Malang, antara lain: Paroki Kepanjen, Paroki Batu, Paroki Lodalem, Paroki Blimbing, Paroki Curahjati, dan membantu di Paroki Kayutangan sementara beliau menjadi prior di Biara Karmel Kayutangan.

Beliau juga melayani di beberapa paroki di Keuskupan Agung Medan, antara lain di Paroki Tigalingga, Paroki Sidikalang, dan Paroki Pasar Merah. Beliau juga sempat berkarya di Keuskupan Palangkaraya sebagai Ketua Komisi Kateketik, Liturgi, dan Kitab Suci.

Tugas lain yang pernah dijalankannya antara lain: Sekretaris dan anggota Institut Karmel Indonesia, Delegatus Provinsi untuk Karmelit Awam dan Familia Carmelitana, serta moderator Marriage Encounter.

Romo Pratig gemar membuat rosario dan membagikannya kepada yang mebutuhkan. Beliau seorang yang cepat akrab dengan siapa saja. Beliau adalah pribadi yang lembut, humoris, ramah, rendah hati, dan siap melayani siapa saja yang datang kepadanya. Bahkan ketika sudah memasuki masa pensiun, beliau masih bersedia diutus melayani umat dan tinggal di paroki.

Di tengah pandemi Covid-19, beliau dipanggil menghadap Tuhan. Beliau dimakamkan di Kabanjulu, Sidikalang, Sumatera Utara pada hari Senin, 25 Januari 2021.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *