Yohanes dari Salib

Santo Yohanes dari Salib lahir di Fontiveros, Spanyol, sekitar tahun 1542. Ia kemudian masuk Ordo Karmel dan atas izin atasannya ia menjalani hidup yang lebih keras. Atas dorongan Santa Teresia dari Avila, dan bersama-sama dengan beberapa kawannya ia memulai kelompok Tak Berkasut dari Ordo Karmel. Ia meninggal di Ubeda pada tahun 1591.
 
Buku-buku yang terkenal yang ditulisnya adalah:
1. Mendaki Gunung Karmel
2. Malam Gelap
3. Madah Rohani
4. Nyala Cinta yang Hidup
 
Menurut Romo Verbeek, O.Carm, seorang pertapa Ordo Karmel yang tinggal di Biara Karmel - Batu, yang juga telah menuliskan beberapa buku tentang doa dan spiritualitas Karmel:
"Orang yang mau mempelajari ajaran Santo Yohanes Salib, sebaiknya ingat akan kisah orang kaya yang mencari Yesus dengan pertanyaan yang mendesak : “Apa yang harus ku perbuat untuk memperoleh  kehidupan kekal?” Pertanyaan bagus dari hati yang membangkitkan kasih sayang Yesus. Tetapi kita harus ingat akan akhir kisah itu. Ia pergi,  kecewa karena hartanya banyak yang tidak bisa ia lepaskan. Sayang kisah seperti itu sering terulang. Kita bisa mudah tertarik kepada nama sohor Yohanes sebagai pembimbing rohani. Kita dapat berharap bahwa pada dia kita menemukan jawaban atas pertanyaan hati kita. Tetapi jangan-jangan kita pun akan kecewa karena tuntutannya. Saya tidak mau mengatakan bahwa dia keras, mungkin lebih tepat memakai kata “konsekuen”. "