Selamat Datang di Web O.Carm Indonesia

Berbagi Spiritualitas! Moga kita mencapai persatuan cinta kasih dengan Allah dalam hidup doa, persaudaraan, dan pelayanan.

Bila ada pertanyaan, silakan disampaikan melalui chat! atau kirim email ke Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Radio Karmel

Radio Karmel Streaming (RKS) ini terselenggara berkat KASIH dan PERHATIAN ANDA. Terlebih Anda yang

TAHBISAN DIAKON 01

Keempat konfrater kita yang ditahbiskan menjadi Diakon di Gereja Katedral Malang pada Hari Kamis, 1 Februari 2018 oleh

PERJUMPAAN

    Tanggal 19-20 Agustus, menjadi hari yang indah bagi Ordo KarmelIndonesia (O.Carm). Dalam dua

Riwayat Singkat St.

AWAL HIDUPNYA Santa Maria Magdalena de’Pazzi lahir pada tanggal 2 April 1566 di Florence (Firenze), anak kedua dari

Karisma Kenabian

Sosial dan Kenabian, atau juga seperti dalam MENU di atas kita lihat dunia adil & damai merupakan bagian dari Karisma Karmel. Karisma ini mengalir dan berkembang dari karisma persaudaraan dan persahabatan yang didasarkan atas hidup doa dan kontemplatif. Semangat dan Karisma mendasar yang dimiliki para karmelit terutama kenabian ini sungguh sangat dalam dan kuat dalam teologinya. Sehingga apabila mereka berjuang dan berkarya di tengah masyarakat untuk membela kaum minoritas, tersingkir, tertindas yang diakibatkan ketidakadilan ataupun kesalahan sistem pemerintahan, para karmelit tidak bekerja atas dasar kompetensi di bidangnya saja, apalagi hanya sekedar hobby,

melainkan karena mereka mendasarkan seperti yang diungkapkan dalam Konstitusi Ordo, Bab II art. 24, yang bunyinya sbb:

"Akhirnya, keberadaan di tengah umat merupakan tanda dan kesaksian kenabian dari hubungan baru persaudaraan dan persahabatan antara pria dan wanita dimana saja. Keberadaan di tengah umat ini merupakan pesan kenabian tentang keadilan dan perdamaian dalam masyarakat dan antara bangsa-bangsa. Sebagai bagian integral dari Kabar Baik, kenabian ini harus diwujudkan melalui komitmen aktif untuk mengubah sistem dan struktur yang penuh dosa menjadi sistem dan struktur yang penuh rahmat. Selain itu, keberadaan di tengah umat juga merupakan ungkapan ?pilihan untuk berbagi hidup dengan kaum kecil? (?minores?) sehingga kita dapat mewartakan harapan dan keselamatan di tengah mereka ? lebih melalui cara hidup daripada melalui kata-kata kita. Pilihan ini merupakan konsekuensi logis dari kaul kemiskinan dalam persaudaraan mendikan yang kita ucapkan, dan sejalan dengan ketaatan kita kepada Kristus, yang dihayati juga dengan mendengarkan kaum miskin dan mereka yang secara istimewa memancarkan wajah Tuhan."

Juga, para karmelit dalam gerakan sosial dan kenabiannya terinspirasi oleh Bapa Inspiratornya yakni Bapa Nabi Elia, yang ditegaskan dalam Konstitusi Ordo Bab IX art. 115, sbb:

"Inspirasi kita yang bersumber pada Elia, yang menjadi dasar karisma kenabian, mengundang kita untuk bersama ?orang kecil? menempuh jalan yang ditempuh oleh sang nabi pada zamannya, yaitu: jalan keadilan dengan melawan ideologi palsu dan menuju pengalaman konkret akan Allah yang hidup, jalan solidaritas dengan membela dan memihak pada korban ketidakadilan, jalan mistik dengan berjuang bagi kaum miskin untuk memulihkan kepercayaan pada diri sendiri dengan membaharui kesadaran mereka bahwa Allah ada pada pihak mereka."

{jcomments on}

Karmelit itu BERDOA

 
Spiritualitas Karmel yang pertama adalah BERDOA. Maka, seorang karmelit tidak bisa melepaskan diri dari berdoa. Berdoa adalah dasar dari hidup setiap beriman, khususnya para karmelit. Seorang karmelit tidak akan hidup tanpa berdoa.

Karmelit itu BERSAUDARA

 
Spiritualitas Karmel yang kedua adalah Hidup dalam persaudaraan. Bila seorang sungguh ingin hidup bersaudara maka perlu memiliki beberapa keutamaan dalam hidup yang harus diperjuangkan dan dijalaninya. Keutamaan untuk mau menerima orang lain apa adanya, mau memaafkan dan menjadi pribadi yang rendah hati.

Karmelit itu MELAYANI

 
Spiritualitas Karmel yang ketiga adalah pelaayanan atau hidup di tengah-tengah orang yang membutuhkan pertolongan. Seorang karmelit perlu terus belajar memiliki belas kasih, seperti Yesus yang selalu berbelas kasih. Dan itu semua mengalir dari doa dan persaudaraan.